Wednesday 4 September 2013

7 Tips Menjaga dan Merawat Kamera DSLR Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Saat memiliki barang bagus dan mahal mungkin kita akan bener-benar menjaganya dan berhati-hati dalam menggunakannya, itu hal yang wajar karena naluri manusia seperti itu, seperti halnya kita mempunyai kamera DSLR, gadget ini selain ukurannya besar juga harganya lebih mahal dari kamera digital atau pocket sehingga tidak bisa disimpan atau di bawa sembarangan. Punya Benda ini merupakan kebanggaan tersendiri sebab selain bisa mengembangkan bakat Photografer, juga bisa memanfaatkan skill yang ada untuk mendapatkan uang.

Yang akan di bahas disini bagaimana tips untuk merawat Digital SLR supaya awet dan tidak cepat rusak, juga mejaga agar tidak mudah terkena benturan benda tumpul. Di bawah 7 hal yang perlu diperhatikan bila Anda memiliki benda mahal ini, kamera digital SLR maksudnya.
Tips Merawat dan Menjaga Kamera SLR
Tips Merawat Kamera SLR

Lepaskan lensa dari Body kamera
Lepaskan lensa kamera dari body-nya setelah Anda menggunakan, karena untuk mencegah benturan yang bisa menyebabkan patah salah satu komponen.

Taruh dan simpanlah kamera pada tempatnya
Taruhlah kamera pada tas khusus yang sengaja Anda beli atau Anda dapat saat membeli baru, biasanya ada beberapa brand sudah melengkapi SLR yang anda beli sengaja di desain untuk menyimpannya, walaupun kadang bentuk tas ini aneh, tapi memiliki manfaat yang sangat luarbiasa yaitu dapat mencegah kamera Anda dari benturan.

Tempat dan kondisi suhu berpengaruh
Tempatkan kemera pada suhu yang sejuk dan terhindar dari cahaya snar matahari langsung.

Bersihkan Lensa dengan tool khusus
Ingat!!! Jangan membersihkan lensa dengan kain/tissue sembarangan. Gunakan tissue khusus untuk lensa dengan tekstur lembut. Ini berfungsi agar tidak ada baret-baret di sekitar lensa.

Menjaga body kamera dari jamur atau berkarat
Jika kamera ditaruh di lemari, usahakan jauhkan kamera dari kapur barus karena kapur barus dapat merusak sistem dan sirkuit elektronik. Jika anda takut kamera anda jamuran, maka gunakan silica gel agar kamera tidak jamuran.

Antisipasi kerusakan LCD
Pasang screen Guard pada LCD agar tidak mudah tergores.

Tool untuk membersihkan body kamera
Dan yang terakhir, gunakan kain lap viber untuk membersihkan Body kamera.

dapat diambil suatu kesimpulan bahwa ada 2 macam alat untuk membersihkan Body Kamera dan Lensa Kamera. Hal ini untuk menghindari adanya goresan pada body atau lensa. Dan setelah anda menggunakan kamera, usahakan lepas lensa dari body kamera. Anda penasaran atau anda ingin tau bagaimana sih bentuk kamera slr itu?? dan berapa ya harganya? bisa anda kunjungi halaman http://www.pricearea.com/harga/kamera/kamera-slr. Cukup sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment